Kamis, 11 Desember 2008

Introspeksi

Hari itu tanggal 30 November 2008 adalah hari terberat kedua dalam hidup. Hari itu, untuk kedua kalinya saya harus menyaksikan kepergian orang terdekat. Kakak perempuan yang ke-3 berpulang di usianya yang sangat muda 35 tahun. 14 tahun yang lalu ibu meninggal di usianya yang juga relatif muda. Juga karena penyakit yang nyaris serupa Hepatitis B!

Dimata saya mereka adalah tokoh perubahan. Ibu berhasil menerapkan pola - pola pikir dan tatanan keluarga yang nyaris sempurna. Dia berjuang merubah nasib kami anak - anaknya, merubah banyak orang termasuk ipar - iparnya. Dia tidak membedakan perlakuan kepada anak - anaknya dan kepada ipar - ipar berikut anak - anaknya hampir dalam segala aspek. Mendiang kakak juga adalah tokoh perubahan. Masih segar dalam ingatan bagaimana dia saat masih muda belum berkeluarga begitu malas, begitu keras, begitu apatis. Saat dia memperkenalkan saya dengan calon suaminya, saya juga masih ragu apakah memang dia akan bisa survive. Tapi kekhawatiran saya tentu tidak beralasan. Terbukti saat anak pertamanya lahir hingga anak keduanya lahir, dia nyaris sendiri mengurus anak - anaknya sekaligus bekerja sebagai bidan desa melayani warga desa tempat di mengabdi Desa Tiyingtali - Karangasem Bali. Tidak ada sepatah katapun keluhan yang keluar dari mulutnya saat itu. Bahkan dia benar - benar berusaha agar bayinya (anak ke-3) lahir dengan selamat sebelum akhirnya dia sendiri harus pasrah dalam pelukan hyang widhi. Saya sungguh - sungguh dibuat kagum.

Dua orang pemimpin perubahan pernah singgah didalam hidup saya. Tapi segala contoh yang telah secara gamblang dipertontonkan didepan mata tidak akan mudah pudar. Mereka selalu ada didalam hati yang paling dalam.

Selamat jalan pahlawanku. Kalian gugur disaat perjuangan untuk perubahan masih begitu panjang. Tetapi kalian telah memenangkan hati kami semua. Kami berjanji akan selalu memelihara semangatmu dalam keseharian kami. Kami berjanji akan selalu menjaga buah hati kalian sampai akhir hayat kami. Semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu dan bercerita lebih banyak lagi disana.

Dan hujanpun turun menyejukkan hati kita semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar